Jumat, 04 Maret 2016

Manajemen yang Efektif dan Efisien dalam Pendelegasian



Manajemen yang Efektif dan Efisien dalam Pendelegasian



Pendelegasian adalah pemberian wewenang dan tanggung jawab kepada orang lain. Objek yang didelegasikan itu terdiri dari tugas, pekerjaan, kekuasaan atau amanah. Didalam Islam proses pendelegasian ini diatur sedemikian rupa sehingga masing-masing pihak mengetahui bagaimana seharusnya amanah dan tanggung jawab pada tiap-tiap posisi dilaksanakan.

Agar tercipta manajemen yang efektif dan efisien dalam pendelegasian, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan orang yang tepat untuk dijadikan delegasi. hendaknya jika akan mendelegasikan tugas tertentu kepada seseorang maka harus memperhatikan kemampuan atau kapasitas yang dimiliki seseorang tersebut, pendelegasian terjadi jika seseorang dinilai mampu, dan begitu juga sebaliknya. Untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas seseorang dapat dilakukan dengan pendekatan yang ilmiah dan  pengamatan yang akurat. Misalnya melalui psikotes, wawancara serta penyeidikan perilaku dan kinerja. Sesuai dengan salah satu hadist Rasulullah, orang yang berhak menerima kekuasaan atau delegasi adalah orang yang memenuhi beberapa kriteria diantaranya; bisa dipercaya (amanah), kredible (sidiq), berkemampuan intelektual dan skill yang cocok pada objek yang akan didelegasikan, memiliki fisik dan batin yang sehat agar mampu melaksanakan tugas yang diberikan, serta orang yang terbukti bereputasi jujur dan memiliki kinerja yang baik. Membebankan suatu pekerjaan kepada seseorang yang tidak mempunyai kemampuan dan kapasitas yang mumpuni akan berakibat buruk pada keseluruhan pekerjaan dan pekerja itu sendiri.
Selain itu, untuk menciptaan manajemen yang efektif dan efisien, dalam pendelegasian juga harus ada kejelasan tanggung jawab. Pemberian batasan, tanggung jawab dan wewenang yang jelas tentang pekerjaan yang diberikan  akan memperlancar mekanisme kerja, mempermudah pertanggungjawaban, mempermudah pemberian sanksi dan reward serta menghindari perbedaan presepsi baik antar sesama pekerja maupun antara pekerja dengan atasannya.
Pendelegasian yang baik, efektif dan efisien akan meningkatkan produktifitas, menghemat waktu, dan mempersiapkan pemimpin dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar